Selang Irigasi

selang irigasi

Apa itu Selang Irigasi?

Selang Irigasi merupakan salah satu alat pertanian yang membantu proses pengairan pada lahan agar lebih efektif dan efisien. Selang Irigasi merk Urban Plastic Menggunakan HDPE ketebalan 100 micron, membuat selang Irigasi ini lebih tahan lama dan tidak mudah robek atupun putus.Selang drip sering di gunakan untuk irigasi pertanian dengan sistem Hidroponik. Banyak kendala yang di alamai petani, misalnya gagal panen akibat kurangnya sistem irigasi perairan, kekeringan tanah kurangnya air pada tumbuhan dapat menyebabkan gagal panen, dimana petani kebingungan air untuk irigasi pertanian. Selang irigasi dapat menjadi solusi utama petani yang berada di wilayah tadah hujan. Tanpa harus kawatir kekeringan lahan tanam. selang drip juga hemat air untuk irigasi pertnian.

selang irigasi
selang irigasi
selang irigasi

Jenis-jenis Sistem Irigasi yang Cocok untuk Penggunaan Selang Irigasi Merk Urban Plastic:

1. Sistem Irigasi Tetes:

Deskripsi: Sistem irigasi mikro yang umumnya digunakan pada lahan pertanian dan perkebunan, terutama pada tanaman hidroponik.
Cara Kerja: Air disalurkan langsung ke tanaman secara tetes-tetes, memungkinkan penyerapan langsung ke dalam tanah.
Alat Bantu: Selang irigasi atau selang drip dari PT Urban Plastic Indonesia.

2. Sistem Irigasi Bawah Permukaan (Sub-surface Irrigation):

Deskripsi: Sistem irigasi mikro yang menyampaikan air dari bawah permukaan tanah, cocok untuk lahan dengan tanah kasar.
Cara Kerja: Air dialirkan dari dalam tanah, mencegah tanah kasar menjadi kering dan mengurangi risiko penyumbatan lubang tempat air mengalir.
Catatan Penting: Perlu menjaga kadar garam dalam tanah untuk mencegah hambatan penyerapan air oleh tanaman

Pilih Selang Irigasi Merk Urban Plastic untuk Berbagai Jenis Sistem Irigasi

Berbagai jenis sistem irigasi membutuhkan alat bantu untuk mengalirkan air. Coba selang irigasi merk urban plastic yang berkualitas.

Jual Selang Irigasi merk Urban Plastic dengan kualitas terbaik untuk berbagai jenis sistem irigasi lahan pertanian. Irigasi merupakan sistem alternatif pada pengairan lahan pertanian yang saat ini banyak dipilih oleh para petani. Pengairan irigasi juga bisa berfungsi sebagai lahan tadah hujan untuk menjaga kadar air pada permukaan tanah di musim kemarau. Pembuatan sistem irigasi ini dipercaya mampu meningkatkan jumlah, mutu, dan kualitas hasil panen. Dengan irigasi petani tidak perlu lagi mengandalhkan air hujan yang tidak tentu jumlahnya. Saat musim kemarau, jumlah air yang dibutuhkan tanaman akan terus terjaga dan terjamin kualitasnya dengan sistem irigasi ini.

 

Apa itu selang irigasi tetes?

Selang irigasi tetes merk Urban Plastic, diproduksi oleh PT Urban Plastic Indonesia, adalah selang khusus untuk sistem irigasi tetes. Metode ini mengalirkan air langsung pada tanaman dengan tetesan kecil, efektif untuk pengairan mikro. Selang ini dirancang dengan standar mutu tinggi, menawarkan kekuatan dan ketahanan terhadap sobekan serta suhu panas. Ini menjadikannya pilihan yang andal dan efisien untuk berbagai kebutuhan pertanian dan taman. Selang ini mewakili inovasi dalam teknologi irigasi, memungkinkan penggunaan air yang lebih efisien dan lebih akurat.

Berapa cm selang irigasi ready stock merk urban plastic?

Selang irigasi merk Urban Plastic dengan ukuran 4 cm tersedia dalam ready stock. Harga dapat berubah sewaktu-waktu, namun saat ini tersedia untuk pemesanan. Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, silakan hubungi kami melalui WA di +62 811 1721 338 atau melalui email ke info@urbanplastic.id. Pastikan Anda mendapatkan penawaran terkini untuk kebutuhan selang irigasi berkualitas dari Urban Plastic.

Apa kelebihan Selang Irigasi merk Urban Plastic?

Kelebihan selang irigasi tetes termasuk penghematan konsumsi air hingga 30%, mengurangi kebutuhan tenaga kerja, menyebabkan pertumbuhan tanaman yang lebih seragam, dan kemampuannya untuk mengairi di tanah berlereng atau jurang. Proses fotosintesis tanaman menjadi lebih cepat, menghemat waktu pengairan. Selang ini juga membantu mencegah pertumbuhan gulma dan jamur yang sering terjadi karena penyiraman berlebih. Selang ini biasanya diletakkan di bawah plastik mulsa, dan penggunaannya memerlukan penusukan dengan jarum untuk mengatur aliran air.

Bagaimana cara memasang selang irigasi tetes?

Panduan memasang selang irigasi tetes:

1 Perencanaan: Rancang layout sistem sesuai kebutuhan tanaman dan topografi lahan.

2. Persiapan: Siapkan alat dan bahan, termasuk selang, konektor, dan drippers.

3. Penempatan Selang: Letakkan selang di area yang telah direncanakan

4. Koneksi dengan Sumber Air: Hubungkan selang ke sumber air, pastikan konektor terpasang erat.

5. Penyusunan Drippers: Pasang drippers pada selang sesuai kebutuhan spesifik tanaman.

6. Pengujian Sistem: Nyalakan air untuk memeriksa aliran dan distribusi air

7. Pemeliharaan: Rutin periksa dan bersihkan sistem untuk memastikan efisiensi

 

Apa itu selang drip irigasi?

Selang drip adalah sistem irigasi pertanian inovatif berbasis sistem tetes. Petani umumnya memilih selang drip yang terbuat dari plastik PE karena tahan terhadap hujan dan panas matahari. Keberlanjutan sistem ini terletak pada kemampuannya memberikan air secara efisien pada akar tanaman, mengoptimalkan pertumbuhan tanaman, dan mengurangi pemborosan air. Dengan teknologi ini, petani dapat meningkatkan produktivitas pertanian mereka sambil menjaga efisiensi penggunaan sumber daya air dan plastik.

Apa komponen utama dalam sistem irigasi tetes?

Saringan merupakan komponen kunci dalam sistem irigasi tetes yang berfungsi menyaring partikel-partikel yang dapat mengganggu aliran air. Keberhasilan sistem ini sangat tergantung pada keberlanjutan fungsi saringan. Salah satu kelemahan yang mungkin terjadi adalah penyumbatan pada saringan akibat adanya endapan atau partikel lain. Oleh karena itu, pemantauan dan perawatan rutin terhadap saringan sangat penting untuk menjaga kinerja sistem irigasi tetes dan mencegah potensi masalah penyumbatan yang dapat mempengaruhi aliran air dan pertumbuhan tanaman.

Apa manfaat dari sistem irigasi tetes dalam budidaya tanaman?

Sistem irigasi tetes memiliki kendali yang efektif mulai dari aliran air hingga penyerapan oleh tanaman. Dilaporkan oleh Goriau.com, irigasi tetes tidak hanya mengurangi penguapan air tetapi juga memungkinkan pemberian nutrisi langsung kepada tanaman. Sistem ini meningkatkan efisiensi penggunaan air, mengoptimalkan pertumbuhan tanaman, dan mengurangi pemborosan nutrisi. Dengan cara pengontrolan yang baik, irigasi tetes menjadi solusi inovatif untuk pertanian yang efisien dan berkelanjutan, menghasilkan hasil tanaman yang lebih baik.

Apa beda saluran irigasi dan drainase?

Irigasi bertindak sebagai penyedia pengairan yang penting, sementara drainase berperan sebaliknya. Sistem drainase esensial untuk menghilangkan sisa air dan mencegah genangan di sekitar lahan. Walaupun memiliki fungsi yang berlawanan, irigasi dan drainase harus bekerja secara harmonis. Kerjasama yang baik antara keduanya diperlukan untuk menjaga keseimbangan optimal antara pasokan air dan pembuangan sisa air, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan tanaman dan mencegah masalah terkait kelebihan air di lahan pertanian.

Irigasi tetes cocok untuk tanaman apa saja?

Sistem irigasi tetes adalah solusi efektif untuk berbagai kebutuhan pertanian. Dapat diimplementasikan pada tanaman tambulapot, bibit tanaman dalam polibag, dan cocok untuk irigasi tanaman sayuran di lahan yang terbatas air dan tandus, selama terdapat sumber air dan listrik. Keunggulan irigasi tetes terletak pada efisiensi penggunaan air, optimalisasi pemberian air langsung pada akar tanaman, dan fleksibilitas penggunaan pada berbagai kondisi lahan. Sistem ini membantu petani meningkatkan produktivitas tanaman dengan meminimalkan pemborosan air.

Apakah irigasi tetes efektif?

Dalam sektor pertanian, terutama dalam pengembangan budidaya tanaman hortikultura, teknologi irigasi memegang peran kunci dalam memengaruhi pertumbuhan tanaman. Penggunaan teknologi irigasi tetes menjadi solusi yang jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan metode konvensional. Irigasi tetes memungkinkan pemberian air secara tepat dan efisien langsung pada akar tanaman, meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman, serta mengurangi pemborosan air. Oleh karena itu, penerapan teknologi irigasi tetes menjadi pilihan utama untuk mencapai hasil pertanian yang optimal dan berkelanjutan dalam budidaya tanaman hortikultura.

Jual Selang Irigasi Merk Urban Plastic sebagai Pilihan Terbaik untuk Pertanian

Selang irigasi merupakan pilihan yang saat ini banyak digunakan oleh para petani untuk mengatasi masalah pengairan. Biasanya selang irigasi dipakai untuk mengalirkan air pada sistem tanam hidroponik atau sistem irigasi tetes. Dengan bantuan selang ini, pendistribusian air yang lebih rata dan tanaman bisa mendapatkan air yang cukup. PT Urban Plastic Indonesia hadir dengan inovasi baru berupa selang irigasi yang sudah terbukti mampu memberikan hasil yang maksimal pada pertanian. Selang ini dibuat menggunakan HDPE dengan ketebalan 100 micron yang membuatnya awet dan tidak mudah robek. Selang irigasi merk Urban Plastic memiliki fungsi utama yang penting untuk mempertahankan lahan pertanian. Cocok digunakan di daerah tadah hujan karena dapat menampung air dalam jumlah yang besar. Dapatkan selang irigasi berkualitas untuk lahan pertanian Anda dengan membeli di toko atau distributor yang jual selang irigasi merk Urban Plastic.