Jual plastik mulsa di Kupang merk Urban Plastic kini menawarkan dua jenis produk yang memiliki fungsi berbeda, yaitu mulsa organik dan anorganik. Mulsa pada umumnya digunakan untuk menghalangi hilangnya air karena penguapan pada tanaman.

Bahkan, mulsa telah terbukti efektif untuk menghindari adanya hama pengganggu pada tanaman. Tapi ternyata, mulsa merk Urban Plastic memiliki dua jenis bahan yang berbeda.

plastik mulsa
Plastik Mulsa

Jual Plastik Mulsa di Kupang Merk Urban Plastic dengan Dua Jenis Produk Berbeda

Mulsa memang telah dikenal sebagai plastik pelapis tanah untuk melindungi tanaman. Produk ini juga diklaim bisa mempercepat masa panen karena mampu menjaga tanaman agar tumbuh sehat tanpa hama dan penyakit.

Melihat dari bahan asalnya, produk ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu organik dan anorganik. Tentu kedua bahan tersebut memiliki keunggulan yang berbeda. Berikut perbedaannya:

1. Mulsa Organik Urban Plastic

Mulsa organik dari Urban Plastic berasal dari bahan-bahan alami dan mudah terurai. Adapun bahan-bahan yang dimaksud ini seperti jerami dan alang-alang. Keuntungan dari jenis organik adalah memiliki harga yang relatif lebih murah.

Biasanya tumbuhan yang menggunakan produk ini, seperti cabai, tomat, kubis, dan sawi. Penggunaannya bertujuan untuk tetap menjaga kelembapan tanah dan meminimalisir adanya tanaman pengganggu yang akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Meski jenis organik mudah didapat dan lebih ekonomis daripada anorganik, namun produk ini tidak selalu tersedia. Adapun ketika menggunakan produk ini, keuntungan yang Anda dapatkan saat bertani adalah:

  • Mampu menekan erosi tanah
  • Bisa menurunkan suhu tanah, sehingga dinilai sangat baik untuk budidaya tanaman
  • Bisa menekan pertumbuhan gulma/tanaman pengganggu
  • Harga lebih murah
  • Cara mendapatkannya cukup mudah, karena bisa diambil dari sisa-sisa hasil pertanian.
  • Bisa menjaga kondisi tanah agar tidak lapuk dan membahayakan tanaman

Ketika menggunakan jenis ini, sebaiknya hindari penggunaan dengan ketebalan lebih dari 10 cm. Sebab jika terlalu tebal malah bisa menjadi sarang hama.

2. Mulsa Anorganik Urban Plastic

Kebalikan dengan bahan organik, pada jual plastik mulsa di Kupang merk Urban Plastic jenis anorganik ini terbuat dari bahan-bahan sintetis yang sukar atau sulit terurai. Adapun contoh mulsa yang masuk pada jenis anorganik, seperti mulsa plastik, plastik hitam perak, dan karung.

Apabila Anda mengaplikasikan mulsa anorganik pada tanaman budidaya, maka sebaiknya dipasang sebelum bibit atau tanaman ditanam. Ketika memasang jenis anorganik ini untuk budidaya tanaman, maka terdapat beberapa keuntungan yang akan didapat, seperti:

  • Bisa meningkatkan terkait produktivitas hasil panen, yaitu membuat produksi tanaman budidaya yang jauh lebih baik. Peningkatan suhu tanah yang stabil mampu memicu laju pertumbuhan tanaman dan bisa mempercepat masa panen dibanding pengaplikasian plastik jenis lain.
  • Bisa mencegah hilangnya unsur hara dalam tanah yang ditanami oleh tumbuhan. Karena, biasanya ketika hujan datang dengan intensitas tinggi maka unsur hara bisa terbawa dan larut bersama air hujan. Dengan plastik ini bisa mencegah erosi hara.
  • Bisa mengurangi evaporasi atau penguapan air. Karena tanaman yang ditutupi oleh plastik merk Urban Plastic ini bisa mencegah kehilangan air tanah secara berlebihan.
  • Bisa menjaga kelembapan tanah, sehingga membuat bendengan tidak mudah kering.

Selain mengetahui terkait perbedaan antara mulsa organik dan anorganik dari Urban Plastic, perlu diketahui juga bahwa pengolahan tanah yang baik juga akan mempengaruhi pertumbuhan budidaya Anda.

Jika dirasa sudah mengolah tanah dengan baik, pastikan Anda memilih penggunaan plastik yang cocok dan sesuai dengan kondisi tanaman. Jual plastik mulsa di Kupang merk Urban Plastic bisa dijadikan sebagai solusi untuk masalah budidaya tanaman Anda.

Perusahaan PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik, Geogrid dan Geomat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai plastik mulsa merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone : +62 811 9151 338 (Anna) atau: Email: info@urbanplastic.id