Harga plastik mulsa permeter merk Urban Plastic bervariasi tergantung pada ukuran dan jenisnya, sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Plastik mulsa digunakan sebagai material pertanian yang menutupi tanaman. Tanaman budidaya sengaja ditutup agar menjaga kelembabannya, menghindari dari berbagai macam penyakit, dan melindunginya dari gulma atau hama yang mengganggu. Plastik ini sudah banyak dimanfaatkan para petani karena fungsinya yang menguntungkan untuk hasil panen. Pada umumnya, plastik mulsa pertanian yang digunakan berwarna hitam perak karena mempunyai dua lapisan yang fungsinya berbeda-beda. Lapisan yang berwarna hitam digunakan untuk menjaga kelembapan. Sementara yang berwarna perak akan diletakkan pada bagian atas agar memantulkan cahaya matahari.

Mulsa juga terbagi atas dua berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu mulsa organik dan mulsa plastik. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan yang sama. Sesuai dengan namanya, mulsa organik terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah terurai. Biasanya yang digunakan adalah sisa-sisa tanaman seperti jerami dan alang-alang. Mulsa organik juga mempunyai harga yang ekonomis dan mudah didapatkan. Sementara, mulsa plastik terbuat dari bahan sintetis yang tidak mudah terurai. Harga plastik mulsa permeter merk Urban Plastic pun bervariasi, sehingga harus menentukan ukuran dan luas lahannya terlebih dahulu. Meski begitu keduanya punya keuntungan dari sisi yang berbeda. Lalu, mana yang lebih menguntungkan? mulsa plastik atau mulsa organik?

Kelebihan dan Kekurangan dari Mulsa Organik Maupun Mulsa Plastik

Mulsa terbukti efektif untuk mengurangi penguapan dan menjaga kelembaban tanah, sehingga hasil panen lebih berkualitas. Waktu panen juga menjadi lebih singkat ketika menerapkan mulsa ke tanaman. Hal ini jelas menguntungkan para petani ketika menjual hasil panennya. Ketika menggunakan mulsa organik, tanah menjadi lebih subur dan meningkatkan hasil panen. Selain itu, limbah mulsa dapat terurai ke dalam tanah dan tidak menimbulkan efek negatif bagi lingkungan sekitarnya. Tanah lahan pertanian mudah menyerap air dengan baik, menjaga kesuburan tanah, sekaligus menjadi pupuk organik saat jerami membusuk. Untuk harganya memang relatif murah daripada harga plastik mulsa permeter merk Urban Plastic. Namun, sayangnya mulsa organik jarang ditemukan dan tidak selalu tersedia setiap saat, serta menimbulkan hama jika tidak dilakukan penyemprotan.

Kini, mulsa plastik lebih banyak dimanfaatkan oleh petani karena lebih mudah didapatkan. Mulsa ini juga dapat meningkatkan produktivitas panen, sehingga hasilnya lebih berkualitas daripada tanaman yang tidak menggunakan mulsa. Selain itu, mulsa plastik dapat mencegah terjadinya erosi akibat curah hujan yang tinggi. Biasanya, mulsa ini akan dipasang sebelum tanaman atau bibit ditanam, lalu akan diberi lubang pada bagian atasnya sesuai dengan jarak tanam. Mulsa ini juga dapat memantulkan cahaya ke arah daun, sehingga hama merasa terganggu. Mulsa plastik terbuat dari bahan sintetis yang limbahnya sulit terurai ke dalam tanah, sehingga membahayakan lingkungan sekitar. Harga plastik mulsa permeter merk Urban Plastic bisa didapatkan dengan kisaran Rp. 500.000 – Rp. 600.000 per rollnya.  

Sebenarnya, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan yang sama rata. Jadi, bergantung pada kebutuhan masing-masing. Mulsa organik memang mempunyai harga yang relatif murah, tetapi sulit untuk didapatkan karena tidak setiap saat jerami tersedia. Sementara harga mulsa plastik memang bervariatif dan perlu mengeluarkan biaya. Namun, mudah didapatkan dan hasil yang didapatkan juga begitu signifikan. Anda juga bisa mendapatkan harga plastik mulsa permeter merk Urban Plastic yang terjangkau. Kualitas mulsa plastik juga lebih awet paling tidak mampu bertahan selama 2 tahun lebih. Produk dari Urban Plastic juga terbuat dari ultraviolet yang artinya dapat bertahan pada cuaca panas sekalipun dan tidak mudah sobek saat dibentangkan.

PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plastik Mulsa merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna), atau: Email: info@urbanplastic.id .

Jual Plastik Mulsa
Jual Plastik Mulsa