Kantong plastik sampah medis merk Urban Plastic sama seperti namanya merupakan kantong sampah yang terbuat dari plastik. Namun, kantong sampah plastik jenis ini berbeda dari kantong plastik sampah biasa untuk menampung sampah non medis. Perbedaannya dapat dilihat dari segi warnanya di mana kantong plastik sampah yang digunakan untuk menampung limbah atau sampah non medis berwarna hitam, sementara kantong plastik untuk menampung sampah medis memiliki empat warna yang berbeda tergantung dari sampah atau limbah medis seperti apa yang akan ditampung. Empat warna yang membedakan kantong plastik sampah biasa atau non medis dengan kantong sampah untuk medis adalah warna merah, kuning, ungu, dan warna coklat.

Meski kantong plastik sampah medis merk Urban Plastic dengan keempat warna tersebut sama-sama digunakan untuk menampung sampah medis, keempatnya tidak dapat digunakan secara sembarangan. Pasalnya, masing-masing warna tersebut mewakili isi limbah yang ada di dalamnya sehingga dapat memudahkan pengelola limbah atau sampah untuk membedakan dan memisahkan sampah medis berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Berdasarkan warna kantong plastik sampah untuk menampung limbah medis, ada empat kategori sampah medis yang perlu dipisah, yaitu limbah sitotoksik, limbah radioaktif, limbah patogenik dan infeksius, serta limbah farmasi. Keempat kategori limbah medis tersebut perlu dipisah karena proses pengelolaannya berbeda. Oleh karena itulah kantong sampah medis memiliki empat warna yang berbeda.

Fungsi dan Manfaat Perbedaan Warna pada Kantong Plastik Sampah Medis

Fungsi dan manfaat utama dari kantong plastik sampah medis merk Urban Plastic adalah untuk menampung limbah atau sampah medis. Di samping berfungsi sebagai wadah untuk menampung sampah medis, kantong plastik sampah dengan warna spesifik ini juga bermanfaat untuk memisahkan sampah non medis dengan sampah medis. Dengan warna kantong sampah yang berbeda, petugas kebersihan akan mampu membedakan mana sampah medis dan sampah non medis dengan mudah. Tentunya, jenis limbah dan kantong plastik sampah yang digunakan juga harus disesuaikan dengan warna kantong. Dengan begitu, proses pemisahan dan pengelolaan sampah medis dapat dilakukan dengan lebih mudah sesuai dengan kategori dan kesalahan penanganan atau pengelolaan sampah medis pun dapat dihindari.

Selain mempermudah proses pengelolaan terhadap limbah medis, penggunaan warna yang berbeda pada kantong plastik sampah medis merk Urban Plastic maupun kantong sampah non medis juga dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat. Maksudnya, dengan penggunaan warna yang berbeda pada kantong plastik sampah, masyarakat yang kesehariannya berurusan dengan sampah akan terlindungi karena mereka dapat membedakan isi limbah dengan melihat warna kantong plastik sampah. Cara ini dapat memberitahu mereka secara langsung bahwa kantong plastik yang aman dan dapat dipilah oleh mereka adalah kantong plastik yang  berwarna hitam. Alhasil, mereka pun tidak akan melakukan kontak dengan limbah medis yang umumnya berupa bahan-bahan atau benda yang sifatnya berbahaya dan toksik.

Limbah medis adalah limbah atau sampah berupa benda buangan yang berasal dari aktivitas medis. Artinya, limbah jenis ini berkaitan erat dengan berbagai jenis penyakit. Oleh karena itulah proses pembuangan dan pengelolaannya pun harus lebih hati-hati dibanding limbah non medis. Langkah pertama dalam pengelolaan limbah ini adalah dengan menempatkan limbah atau sampah pada tempat yang seharusnya, dalam hal ini menempatkan sampah pada kantong plastik sampah yang sesuai, yaitu kantong sampah berwarna hitam untuk limbah non medis dan warna kuning, merah, coklat, dan ungu untuk kantong plastik sampah medis merk Urban Plastic. Jika proses penempatan sampah sudah sesuai, maka proses pengelolaannya pun dapat dilakukan dengan tepat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai plastik sampah medis merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsap/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Cila) atau https://wa.me/628111721338 atau Email: info@kapukmas.com

Open chat
1
hallo, selamat datang di kapuk mas