Jenis plastik sampah medis merk Urban Plastic dapat dibedakan berdasarkan warnanya. Secara umum, plastik sampah medis ada empat jenis yang digunakan untuk menampung empat jenis limbah medis. Warna yang pertama adalah warna merah yang digunakan sebagai penanda bahwa limbah yang ada di dalam plastik sampah medis yang bersangkutan adalah limbah radioaktif. Warna yang kedua adalah warna ungu, yaitu warna yang digunakan untuk menandai atau membedakan limbah sitotoksis dengan jenis limbah medis lainnya. Berikutnya adalah plastik sampah medis warna kuning yang digunakan sebagai wadah limbah medis yang bersifat infeksius dan patologi. Terakhir, plastik sampah medis warna cokelat yang digunakan khusus untuk wadah limbah bahan kimia serta farmasi.

Walau tampaknya sepele, peran plastik sampah medis sangatlah besar. Pasalnya, perbedaan warna tersebutlah yang diharapkan akan membuat masyarakat menjadi waspada dan lebih berhati-hati dalam memilah sampah. Dengan adanya perbedaan jenis plastik sampah medis merk Urban Plastic tersebut, petugas rumah sakit yang mengumpulkan sampah, pengelola sampah, maupun masyarakat sekitar akan terlindungi dari kontak dengan limbah-limbah medis yang termasuk dalam kategori limbah B3, yaitu limbah yang berupa Bahan Berbahaya dan Beracun. Selain itu, plastik sampah medis juga dirancang khusus agar memenuhi kriteria atau standar yang telah ditetapkan, yaitu menggunakan bahan yang kuat dan tidak mudah bocor sehingga tidak menimbulkan masalah pencemaran lingkungan, keracunan, dan sebagainya.

Jenis Plastik Sampah Medis Merk Urban Plastic dan Langkah Minimisasi Limbah

Limbah medis berbeda dari limbah non medis karena memiliki tingkat bahaya yang tinggi dan membutuhkan perlakuan dan pengelolaan khusus. Sulit dibayangkan apabila setiap limbah medis yang membutuhkan penanganan khusus tidak dilakukan minimisasi limbah. Jika setiap limbah medis dibuang tanpa melalui proses minimisasi , maka dapat dipastikan kalau limbah medis menjadi salah satu limbah terbanyak yang ada dimuka bumi. Oleh karena itulah setiap instansi atau fasilitas kesehatan seperti rumah sakit perlu melakukan minimisasi limbah. Minimisasi limbah yang telah dikumpulkan dalam beragam jenis plastik sampah medis merk Urban Plastic perlu diminimisasi dari sumbernya langsung. Hal ini sangat penting dan butuh perhatian lebih untuk mengurangi risiko terjadinya kontaminasi.

Untuk melakukan langkah minimisasi limbah dari jenis plastik sampah medis merk Urban Plastic yang ada, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya persyaratan untuk minimisasi limbah padat, yaitu (a) rumah sakit harus melakukan reduksi limbah terlebih dahulu dimulai dari sumber limbah; (b) rumah sakit harus mengelola serta mengawasi penggunaan bahan kimia yang sifatnya berbahaya dan beracun; (c) rumah sakit harus melakukan pengelolaan stok bahan kimia untuk farmasi dengan baik; (d) setiap peralatan yang digunakan dalam proses pengelolaan limbah medis akan melalui berbagai tahap mulai dari pengumpulan, pengangkutan, bahkan pemusnahan. Namun, untuk mendapatkan wewenang untuk melakukan berbagai tahapan tersebut, dibutuhkan sertifikasi dari pihak tertentu.

Apabila telah memenuhi syarat untuk melakukan minimisasi limbah dari jenis plastik sampah medis merk Urban Plastic yang ada, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah proses pemilahan, pewadahan, pemanfaatan kembali, serta daur ulang. Terlebih dahulu, limbah akan dipilah langsung dari sumbernya, kemudian dipisahkan berdasarkan kebutuhan. Limbah yang masih dapat dimanfaatkan melalui proses minimisasi ini perlu dipisahkan dengan limbah yang tidak lagi bisa dimanfaatkan. Dengan begitu, limbah yang sebelumnya telah dipisah tidak akan tercampur lagi dan saling mengontaminasi.  Setelah proses pemilahan usai, masih ada kegiatan pewadahan, pemanfaatan kembali, dan daur ulang sebelum akhirnya mengangkut limbah ke luar rumah sakit. Namun, pastikan untuk memilih plastik sampah medis yang kuat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai plastik sampah medis merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui : Whatsapp/Mobile Phone : +62811 1721 338 (Cila) atau  https://wa.me/628111721338, atau: Email : info@kapukmas.com