Plastik medis merk Urban Plastic merujuk pada kantong plastik yang digunakan sebagai wadah limbah dari kegiatan medis. Wadah atau kantong plastik yang digunakan untuk menampung sampah atau limbah medis pada dasarnya dibuat dari bahan yang sama dengan kantong plastik yang digunakan untuk menampung sampah non medis. Letak perbedaannya adalah pada warna. Tidak seperti kantong plastik sampah biasa (non medis) yang warnanya hitam, kantong plastik sampah untuk limbah medis memiliki warna yang cenderung cerah, yaitu ungu, merah, kuning, dan coklat. Karena adanya perbedaan warna kantong plastik sampah inilah membedakan antara sampah medis dan sampah non medis menjadi lebih mudah. Tentunya, hal ini merupakan keuntungan tersendiri.

Warna kantong sampah plastik medis merk Urban Plastic dirancang dengan warna yang berbeda dari warna kantong sampah plastik khusus limbah non medis demi berbagai kepentingan. Salah satu tujuannya adalah agar sampah medis dan sampah non medis tidak tercampur. Hal ini sangat penting karena proses pengelolaan sampah non medis dan sampah medis berbeda, misalnya pada sampah medis, petugas yang bersangkutan seperti petugas rumah sakit maupun fasilitas kesehatan akan berusaha untuk meminimalkan sampah atau limbah medis yang dibuang. Artinya, akan ada proses atau perlakuan khusus terhadap limbah medis yang sekiranya masih dapat digunakan kembali. Oleh karena itulah pemisahan sampah medis dan non medis sangat diperlukan.

Keuntungan Menggunakan Plastik Medis

Pemisahan limbah medis dan limbah non medis wajib dilakukan karena jenis-jenis limbah tersebut membutuhkan proses pengelolaan yang berbeda. Karena hal inilah menggunakan plastik medis merk Urban Plastic akan membuat orang lebih mudah untuk mengenali jenis sampah. Selain mencegah terjadinya pencampuran antara limbah medis dan non medis, plastik ini juga dapat memberikan keuntungan lain, yaitu dapat memberikan perlindungan kepada banyak orang. Perlindungan yang dimaksud adalah efek yang timbul karena perbedaan warna kantong sampah tersebut. Maksudnya, dengan warna yang berbeda, limbah non medis dan limbah medis yang mengandung zat-zat berbahaya tidak akan tercampur sehingga masyarakat awam dapat terlindungi dari infeksi atau penyakit yang dapat disebabkan oleh limbah medis.

Limbah medis terbagi menjadi beberapa jenis mulai dari limbah farmasi, limbah sitotoksis, limbah infeksius sampai limbah radioaktif. Keempat jenis limbah medis tersebut termasuk limbah yang berbahaya karena sebagian besar mengandung unsur kimia yang berbahaya. Meski bukan merupakan bahan kimia yang berbahaya, limbah infeksius tak kalah berbahaya dari ketiga jenis limbah medis lain. Pasalnya, limbah infeksius berasal dari organisme penyebab penyakit atau patogen yang mampu menginfeksi dan menularkan penyakit pada manusia yang daya tahan tubuhnya lemah. Dengan kata lain, keempat jenis limbah medis tersebut perlu dikumpulkan dengan plastik medis merk Urban Plastic dan diberi perlakuan khusus agar tidak merugikan atau memberikan dampak negatif di kemudian hari.

Begitu besar peranan kantong plastik medis merk Urban Plastic, tak hanya sebagai wadah atau tempat menampung limbah medis yang sebagian besar berbahaya bagi manusia, tetapi juga sebagai pemberi perlindungan karena dapat mencegah terjadinya pencampuran antara limbah non medis dengan limbah medis. Dengan peranannya ini, kantong plastik sampah khusus medis ini harus digunakan dengan semestinya, sesuai dengan warna dan jenis limbah medis. Limbah sitotoksis harus ditempatkan di kantong warna ungu, sementara limbah radioaktif ditempatkan di kantong berwarna merah. Khusus limbah farmasi yang berupa obat-obatan yang tak lagi terpakai atau sudah kadaluarsa, tempatnya adalah di plastik warna cokelat, sedangkan limbah infeksius ditempatkan di plastik warna kuning.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai plastik sampah medis merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsap/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111721338 atau Email: info@kapukmas.com