Plastik mulsa perak merk Urban Plastic merupakan salah satu jenis plastik mulsa non organik yang mana merupakan material penutup tanaman budidaya yan terbuat dari bahan sintetis. Mulsa sendiri merupakan material penutup tanaman budidaya yang digunakan untuk menjaga kelembaban tanah. Selain itu, mulsa ini juga berfungsi untuk menekan pertumbuhan gulma dan penyakit lainnya sehingga membuat tanaman tumbuh dengan baik dan subur. Biasanya mulsa ini digunakan pada area pertanian subsistensi, perkebunan, hingga pertanian industri. Pada umumnya mulsa ini dibedakan menjadi mulsa organik yaitu mulsa yang terbuat dari bahan-bahan alami dan mulsa non organik yaitu mulsa yang terbuat dari bahan sintetis seperti plastik.

Plastik Mulsa Perak Salah Satu Jenis Plastik Mulsa Non Organik

Mulsa non organik ini memiliki bentuk berupa lembaran dengan daya tembus sinar matahari yang beragam. Bahan plastik yang saat ini sering diguanakn sebagai bahan mulsa yaitu plastik transparan, plastik hitam, plastik perak, dan plastik hitam perak. Nah, disini saya akan memberikan informasi kepada Anda mengenai mulsa non organik, terutama plastik mulsa perak merk Urban Plastic. Mulsa yang berasal dari plastik perak ini memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan dari mulsa berbahan plastik perak ini antara lain:

  • Mudah ditemukan dimanapun dan kapanpun
  • Dapat menekan erosi
  • Mudah diangkut, sehingga dapat digunakan di setiap tempat
  • Menekan pertumbuhan tanaman pengganggu
  • Dapat digunakan lebih dari satu musim

Setiap terdapat kelebihan, pasti selalu ada kekurangan.Hal ini juga berlaku untuk plastik mulsa perak merk Urban Plastic. Meskipun memiliki beberapa kelebihan, tidak bisa dipungkiri bahwa plastik mulsa jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan yang dimiliki mulsa berbahan plastik perak ini antara lain:

  • Tidak ramah lingkungan

Plastik sulma merupakan jenis plastik anorganik, sehingga dapat mencemari lingkungan. Plastik mulsa terbuat dari bahan plastik yang mana sulit untuk terurai dan akan menjadi limbah yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Oleh sebab itu, setelah masa pemakaian dari plastik mulsa ini habis atau setelah mulsa tidak dapat digunakan lagi, sebaiknya sisa-sisa plastik jenis ini segera Anda kumpulkan dan bakar. Selain itu, plastik mulsa juga tidak memiliki efek menambah kesuburan tanah. Hal ini dikarenakan bahan plastik memiliki sifat yang sukar lapuk

  • Biaya produksi lebih tinggi

Meskipun harga plastik sulma dibanderol dengan harga yang murah, namun harga plasti mulsa ini akan terus naik dan dapat meningkatkan biaya produksi. Ditambah lagi biaya pemasangan dan pembuatan lubang.

  • Waktu persiapan lebih lama

Pemasangan platik mulsa dan pembuatan lubang akan memakan waktu berhari-hari, apalagi jika budidaya dilakukan secara luas yang membutuhkan pengerjaan yang lebih banyak.

Pada dasarnya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki plastik mulsa perak merk Urban Plastic ini hampir sama dengan plastik mulsa jenis lainnya. Yang membedakan antara plastik mulsa satu dengan lainnya yaitu pada sifat yang beragam terhadap suhu tanah. Sebab, warna mulsa akan menentukan energy radiasi matahari yang diterima dan nantinya akan berdampak pada suhu lapisan oleh tanah. Selain itum permukaan warna mulsa juga berpengaruh pada kondisi lingkungan sekitar tanaman.

Selain plastik mulsa perak merk Urban Plastic, plastik mulsa yang sering digunakan oleh para petani yaitu plastik mulsa hitam perak. Hal ini dikarenakan warna hitam yang dimiliki plastik mulsa hitam perak ini mampu menjaga kelembaban tanah dan menghalangi pertumbuhan gulma. Sedangkan warna perak mampu memantulkan sinar matahari untuk mengurangi penguapan air tanah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai karung plastik merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui Whatsapp/Mobile Phone:  +62811 1721 338 (Cila) atau https://wa.me/628111721338, atau: Email: info@kapukmas.com.