Mulsa plastik merk Urban Plastic adalah satu satu merek plastik yang umumnya digunakan untuk pertanian. Plastik mulsa digunakan sebagai penutup tanaman budidaya. Tujuannya agar menjaga kelembaban tanah, melindungi dari hama atau gulma, dan membantu tanah tetap subur tanpa adanya gangguan penyakit. Lahan pertanian yang diberi mulsa akan jelas terlihat berbeda daripada yang tidak menggunakan plastik mulsa. Tanaman yang dihasilkan akan jauh lebih bagus dan berkualitas. Selain itu, tanaman budidaya yang menggunakan metode ini berupa tanaman hortikultura, seperti sayur-sayuran, buah semangka, buah stroberi, cabai, timun, dan masih banyak lagi. Tentunya, sayuran membutuhkan tanah yang subur agar hasil panennya berkualitas. 

Setiap bahan plastik juga berbeda-beda. Lalu, apa saja bahan plastik mulsa itu? Bahan pembuatan plastik mulsa terbagi atas dua, yaitu mulsa organik dan anorganik. Plastik mulsa yang terbuat dari bahan organik berasal dari sisa bahan pertanian. Bahannya secara alami dapat menyatu dengan tanah. Bahan yang digunakan, seperti jagung, tebu, alang-alang, dan pelepah daun pisang. Mulsa dari bahan organik lebih banyak dipilih karena harganya lebih ekonomis. Selain itu, mudah terurai, tidak menimbulkan limbah, dan mudah untuk didapatkan. Mulsa berbahan organik hanya bisa digunakan sekali pakai saat musim tanam saja. Sementara itu, mulsa plastik merk Urban Plastic juga terbuat dari bahan yang lentur dan tidak mudah sobek bila dibentang pada cuaca yang panas sekalipun. Terdapat pula kandungan ultraviolet yang menjaganya tetap kuat dan tidak mudah hancur. 

Terdapat pula mulsa dari bahan anorganik terbuat dari bahan sintetis yang cenderung sulit terurai. Contoh mulsa sintetis adalah mulsa plastik merk Urban Plastic yang berwarna hitam perak dan mulsa plastik transparan. Mulsa ini dipasang sebelum tanaman atau bibit ditanam, kemudian akan dilubangi pada bagian atasnya sesuai jarak tanam. Berbeda dengan mulsa organik, mulsa jenis ini harganya relatif mahal terutama mulsa plastik hitam perak yang banyak digunakan pada budidaya tanaman seperti cabai, buah melon, dan sayur-sayuran lain. Meski begitu, mulsa ini cukup efektif dalam menjaga kesuburan tanah, mencegah datangnya hama yang mengganggu tumbuhan, dan membantu hasil panen tanaman menjadi lebih berkualitas.

Kelebihan Jika Menggunakan Plastik Mulsa

Kegunaan dari plastik mulsa sendiri tidak perlu diragukan. Sebab, dapat bertahan pada segala cuaca. Misalnya, mulsa plastik Merk Urban Plastic dapat bertahan dalam rentang sekitar 2 tahun di atas tanah atau lahan pertanian. Ketika menggunakan plastik ini, masa panen bisa diperkirakan akan jauh lebih cepat sekitar 7 – 10 hari saja. Dengan begitu, proses panen akan lebih cepat dan membawa keuntungan baru pada petani. Fungsi plastik mulsa lainnya adalah meningkatkan hasil panen. Sebab, tanaman induk akan jauh lebih terlindungi dari hama maupun gangguan dari tumbuhan lainnya. Untuk melindungi tanaman dari hama, sebaiknya gunakan mulsa perak pada bagian atasnya. Hal ini bertujuan memantulkan cahaya agar hama merasa terganggu dan tidak menghinggap di tanaman. 

Ketika menggunakan mulsa plastik Merk Urban Plastic penggunaan air relatif lebih hemat karena penguapannya berkurang. Dengan begitu, membantu meningkatkan nutrisi untuk tanaman khususnya pada bagian akar. Struktur tanah juga lebih terjaga dengan baik, sehingga mencegah terjadinya erosi. Selain itu, mulsa plastik juga membantu menjaga kelembaban tanah. Saat musim kemarau air tidak mudah menguap dan ketika musim hujan juga tidak meninggalkan genangan yang menyebabkan akar membusuk. Alhasil, area lahan dan tanaman tetap terjaga, rapih, dan mempermudah pengendalian gulma, serta pemupukan. Kedua bahan mempunyai fungsinya masing-masing, sehingga tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan pertanian. Jika ingin lebih praktis, mulsa plastik dari Urban Plastic bisa jadi pilihan yang tepat.

PT. Kapuk Mas Agung Abadi adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plastik Mulsa merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna), atau: Email: info@urbanplastic.id .