Mulsa 80 cm merk Urban Plastic salah satu produsen plastik yang menawarkan material pertanian yang berkualitas. Plastik mulsa adalah plastik yang digunakan sebagai penutup lahan tanaman budidaya. Tujuannya untuk menjaga permukaan tanah dari pengikisan atau erosi, menjaga kelembapan, struktur tanah, dan mencegah perkembangan hama atau gulma. Plastik ini umumnya digunakan pada lahan pertanian dengan metode intensifikasi produksi atau tumbuhan hortikultura, seperti tanaman berjenis sayur-sayuran. Dengan menggunakan plastik ini, harapannya hasil panen akan meningkat dan kualitasnya jauh lebih bagus. Beberapa jenis plastik mulsa yang sering digunakan dalam pertanian atau budidaya sayuran, mulai dari mulsa plastik hitam perak, mulsa plastik perak, hingga mulsa transparan. 

Jika dibandingkan dengan budidaya konvensional, manfaat lain ketika menggunakan plastik ini untuk mengurangi evaporasi atau penguapan air tanah akibat sinar matahari. Lalu, mengurangi pupuk agar tidak cepat menguap, meningkatkan intensitas sinar matahari, menekan perkembangan OPT, dan mengurangi aliran air dari permukaan. Mulsa 80 cm merk Urban Plastic mempunyai ketebalan yang beragam sekitar 30 – 40 mikron, sehingga cukup efektif untuk mencegah terjadinya evaporasi tinggi. Meskipun banyak tersedia jenis dan kualitas yang bisa diperoleh di pasaran. Namun, saat menggunakan plastik mulsa harus dipasang sesuai dan benar. Setiap warna plastik mulsa juga mempunyai kegunaannya masing-masing. Lalu, kira-kira apa saja fungsi plastik mulsa berdasarkan warnanya?

Kegunaan Plastik Mulsa Sesuai Dengan Warnanya

Plastik untuk pertanian ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda tergantung pada warnanya. Untuk warna hitam umumnya digunakan untuk menjaga kelembapan tanah dan melindungi pertumbuhan mikroorganisme di dalam tanah. Sementara, warna perak digunakan untuk memantulkan sinar matahari. Secara tidak langsung, pantulan sinar matahari akan membantu mengusir hama pada tumbuhan. Dengan begitu, serangga atau hama pengganggu akan merasa tidak nyaman akibat pantulan. Mulsa plastik berwarna hitam dan perak paling banyak digunakan oleh para petani karena tidak menyerap banyak cahaya, sehingga kelembapannya tetap terjaga dengan baik. Mulsa 80 cm merk Urban Plastic mempunyai dua lapisan, di mana lapisan perak berada di atas dan warna hitam berada di bagian bawah. Di samping itu, plastik yang berwarna bening membuat cahaya lebih mudah tembus sehingga tanahnya menjadi kurang lembab. Membuat jumlah kandungan airnya semakin sedikit pula.

Cara Pemasangan Plastik Mulsa

Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah mulsa plastik. Pastikan warnanya telah sesuai dengan kebutuhan lahan pertanian. Selanjutnya, ukur plastik sesuai panjang tanah dan kurangi sekitar 50cm. Mulsa plastik harus sedikit lebih pendek daripada ukuran tanah karena untuk penarikan dan pemuaian. Kemudian, mulsa 80 cm merk Urban Plastic akan ditarik saat pemasangan sehingga dibutuhkan lebih pendek dari panjang tanah. Apabila saat memotong ukurannya sama dengan tanah, justru membuat sisa plastik menjadi terbuang dan tidak terpakai. Gunakan bambu atau kayu pada salah satu sisi plastik agar lebih mudah ditarik. Pasang sambil ditarik, sehingga benar-benar tertutup rapat. Jangan lupa untuk membuat lupa pada plastik sebagai tempat lubang untuk tanaman. 

Namun, perlu diingat setiap pemasangan plastik mulsa tidak boleh dalam keadaan terbalik. Untuk warna hitam diletakkan pada bagian bawah yang langsung menghadap ke arah tanah. Seperti yang sudah disampaikan, warna hitam ini akan menyerap cahaya matahari sehingga membuat tanah tetap lembab. Sementara warna perak harus dipasang menghadap ke atas. Tujuannya agar dapat memantulkan cahaya matahari yang mampu mencegah hama. Kemudian, plastik ditarik pada kedua ujungnya secara bersamaan guna menutupi permukaan tanah dengan rapat. Tenang saja, mulsa 80 cm merk Urban Plastic ini tidak mudah robek, sehingga lebih awet dan mudah digunakan. Pastikan pemasangannya tidak longgar agar berfungsi lebih optimal dalam masa pertumbuhan tanaman.

PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plastik Mulsa merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna), atau: Email: info@urbanplastic.id .