Plastik Sampah Medis

Plastik Sampah Medis umumnya berwarna kuning, dan biasanya digunakan untuk limbah dari aktivitas rumah sakit.

Plastik Sampah Medis adalah barang kebutuhan sehari-hari yang sangat penting untuk rumah sakit.

 

Ukuran Plastik Sampah Medis yang biasanya digunakan adalah: 40×60.

Dan Kapuk Mas juga menyediakan ukuran lain Plastik Sampah medis, antara lain (lebar x panjang):

– 50 x 75

– 60 x 100

– 90 x 120

– 80 x 100

 

Minimum Order adalah: 100 kg.

Jika pelanggan ingin menyablon plastik sampah medis, maka minimum order adalah 15,000 pieces.

Sampah merupakan limbah sisa dari berbagai aktivitas kehidupan. Sampah sendiri terdiri atas sampah medis dan juga non medis. Sampah medis merupakan sampah yang berasal dari aktivitas medis sedangkan sampah non medis merupakan sampah sehari-hari yang dikeluarkan oleh kegiatan di luar medis dan karena alam. Anda tentu sering melihat berbagai tempat sampah dengan berbagai warna. Ternyata untuk tempat sampah medis sendiri setiap warna memiliki fungsi penampungan jenis sampah medis yang berbeda. Perlu di ketahui, bahwa jenis-jenis limbah medis diantarnya seperti limbah infeksius, radioaktif, patologi, farmasi, limbah yang berasal dari labolatorium, bahan kimia atau pun limbah genotoksis. Limbah-limbah tersebut tidak boleh disatukan dan cara pengolahan atau pemusnahannyapun akan berbeda.

Setiap negara memiliki sistem pengolahan dan juga pemilahan sampah yang berbeda. Dan di Indonesia sendiri membagi plastik sampah medis menjadi 4 warna yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Begitu juga dengan tempat sampah medis sebagai penampungan sementara sebelum diolah atau dimusnahkan juga terbagi menjadi 3 warna. Warna-warna yang dimaksud adalah warna merah, kuning dan juga hijau. Sampah medis memang bukanlah sampah biasa dan tergolong sebagai jenis sampah yang beracun dan juga berbahaya. Tingkat pemusnahannyapun disesuaikan dengan jenisnya dan dengan teknologi khusus. Karena berhubungan dengan berbagai macam penyakit, sampah medis benar-benar harus ditangani dengan tepat agar tidak menimbulkan masalah yang baru.

Jenis-Jenis Tempat Sampah Medis

Warna Kuning dan Cokelat

Tempat sampah medis plastik berwaran kuning berdinding ini diperuntukan sampah medis berupa limbah infeksius dan juga patologi. Limpah patologi sendiri merupakan limbah yang berasal dari jaringan tubuh manusia akibat autopsi ataupun proses bedah, darah, dan juga cairan tubuh seperti tinja bahkan bangkai binatang yang telah terkontaminasi dengan penyakit tertentu. Sedangkan untuk limbah infeksius sendiri berasal dari pasien dengan penyakit menular. Limbah yang satu ini perlu diwaspadai karena dapat menjadi penyebab utama timbulnya permasalahan penyakit menular seperti TBC dan lain sebagainnya. Kemudian untuk kantong sampah cokelat berdinding diperuntukan limbah farmasi seperti obat-obatan yang telah kadaluarsa atau sudah tidak dapat dipakai lagi.

Warna Ungu dan Merah

Kantong sampah berwarna ungu diperuntukan sampah medis yang bersifat sitotoksi. Limbah yang satu ini berasal dari aktivitas kemoterapi kanker yang memiliki kemampuan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan sel kanker mulai dari persiapan sampai pemberian obat. Penyimpanannya harus tertutup rapat di tong sampah berwarna unggu berdinding. Kemudian untuk tempat sampah medis berwarna merah B3 diperuntukan limbah medis radioaktif yang berasal dari penelitian di labolatorium ataupun penggunaan medis lainnya. Limbah jenis ini biasanya berupa cairan radioterapi yang sudah tidak lagi digunakan berupa gelas atau persediaan lain yang terkontaminasi dengan aktivitas tersebut. Proses penghancurannyapun tidak semudah yang dibayangkan karena terdapat bahan-bahan kimiawi yang berbahaya dan bisa jadi beracun.

Demikian itulah beberapa jenis tempat sampah medis dan untuk non medis juga terdiri dari berbagai macam warna. Seperi hijau, merah dan juga kuning. Hijau sendiri diperuntukan bagi sampah yang dapat diuraikan seperi hasil dari makanan sisa, sayur, buah, daun, ranting dan lain-lain. Biasanya sampah jenis ini dapat dimanfaatkan lagi untuk di daur ulang. Berkaitan dengan sampah medis, ada prosedur khusus untuk penyimpanan, penanganan dan juga pengangkutannya. Untuk mengurangi berbagai resiko penularan selalu pastikan bahwa sampah plastik medis tertutup dengan benar. Selain itu hindari dari benda-benda yang sifatnya merusak wadah limbah tersebut. Untuk menjaga diri, selalu gunakanlah alat pelindung seperti masker dan juga sarung tangan terutama bagi petugas serta hindari kontak langsung dengan sampah-sampah tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Plastik Sampah Kapuk Mas, Anda bisa kunjungi https://jualplastiksampah.com/ atau hubungi nomor whatsapp kami: 0822 9933 3938