Jika Anda ke luar kota dan melihat pemandangan sawah di kanan dan kiri jalan, maka kemungkinan besar Anda pasti melihat pemandangan plastik berwarna silver/perak. Iya, itu adalah Plastik Mulsa yang banyak digunakan untuk melindungi permukaan tanah agar tidak terkikis, menghambat pertumbuhan gulma dan mengurangi penguapan air atau menjaga kelembapan tanah.

Untuk pemasangan, sisi berwarna hitam harus diletakkan di bagian bawah, dan sisi berwarna perak harus diletakkan di bagian atas. Mengapa demikian? Warna perak pada lapisan atas tanaman berfungsi untuk memantulkan cahaya matahari sehingga proses fotosintesis menjadi lebih maksimal, sedangkan warna hitam pada bagian di bawahnya menyebabkan tanaman mampu menyerap panas, sehingga suhu pada perakaran menjadi lebih hangat, sehingga mempercepat berkembangnya akar tanaman.

Jadi, apa saja sih fungsi Plastik Mulsa untuk tanaman?

  • Plastik Mulsa dapat meningkatkan produksi karena menurut sebuah penelitian, peningkatan suhu tanah akan memacu pertumbuhan tanaman serta mempercepat masa panen sekitar 7-14 hari.
  • Plastik Mulsa dapat mengurangi penguapan air karena dengan tertutupnya tanah dengan Plastik Mulsa, maka dapat mengurangi kehilangan air yang terjadi karena penguapan.
  • Plastik Mulsa dapat menghambat pertumbuhan gulma karena Plastik Mulsa yang berwarna hitam perak akan mengurangi intensitas cahaya masuk ke permukaan tanah sehingga gulma cenderung tidak tumbuh. Namun, pada penggunaan mulsa bening, masih dibutuhkan penyemprotan herbisida untuk mencegah tumbuhnya gulma.
  • Plastik Mulsa dapat mengurangi kehilangan hara dari pupuk karena aliran air permukaan akan tertahan oleh Plastik Mulsa yang dibentangkan sehingga unsur hara pupuk tidak akan hilang karena pencucian. Plastik Mulsa yang digunakan akan menjaga nutrisi pada tanaman sehingga penggunaan nutrisi menjadi lebih efisien.

Plastik Mulsa banyak dipakai pada budidaya tanaman dengan sistem intensifikasi produksi. Plastik mulsa yang baik adalah yang terbuat dari bahan polyethylene (PE) orisinil atau murni, sehingga dapat dipakai 2-3 kali, tahan terhadap cuaca ekstrim, tahan terhadap cuaca panas, kuat, ulet dan lebih awet.

Kapuk Mas menyediakan Plastik Mulsa bermerk Urban Plastic dengan bahan yang berkualitas dan harga yang terjangkau, sehingga Anda akan puas menggunakan Plastik Mulsa untuk kebutuhan pertanian Anda. Plastik Mulsa yang dijual Kapuk Mas memiliki lebar per roll 40 cm, 50 cm, dan 60 cm dengan 2 (dua) lapis, sehingga jika dibentangkan maka lebarnya menjadi: 80 cm, 100 cm dan 120 cm. Berat per rol kurang lebih 15 kg dengan ketebalan plastik sebesar 30 mikron.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Plastik Mulsa Urban Plastic, Anda bisa kunjungi https://jualplastiksampah.com/plastik-mulsa/ atau hubungi nomor Whatsapp kami: 0822 9933 3938.