Sejak ditemukannya plastik mulsa, maka kegiatan bercocok tanam menjadi jauh lebih muda. Plastik Mulsa digunakan untuk menjaga tanah agar lembab, mencegah tumbuhnya gulma dan melindungi permukaan tanah dari erosi. Saat ini di pasaran ada banyak jenis plastik mulsa yang dijual. Ada plastik mulsa yang menggunakan bahan orisinil (100% plastik) dan ada juga plastik mulsa yang menggunakan bahan campuran lainnya.

Plastik Mulsa yang menggunakan bahan orisinil jika digunakan untuk pertanian maka pasti akan sangat awet, kuat, tahan terhadap cuaca ekstrim, dan tahan terhadap cuaca panas. Bahkan dapat digunakan sampai 2-3 kali pemakaian. Sedangkan plastik mulsa yang sudah menggunakan bahan campuran lain selain plastik, maka dapat dipastikan hanya dapat digunakan untuk 1 kali pemakaian saja. Tentunya Plastik Mulsa yang berbahan orisinil akan lebih mahal dibandingkan Plastik Mulsa berbahan campuran. Tetapi untuk penggunaan jangka panjang, maka Plastik Mulsa yang berbahan orisinil akan jauh lebih hemat di kantong.

Plastik Mulsa biasanya dipasang sesudah proses pengolahan tanah hingga pembentukan bedengan. Dan juga biasanya Plastik Mulsa dipasang sebelum masa masa penanaman bibit tanaman. Paling baik jika Plastik Mulsa dipasang di siang hari waktu cuaca matahari sedang sangat terik. Setelah plastik mulsa selesai dipasang, maka yang kedua adalah melubangi plastik mulsa tadi untuk tempat pembuatan lubang tanam tanaman.

Cara Melubangi Plastik Mulsa

Untuk melubangi Plastik Mulsa, Anda dapat menggunakan kaleng bekas ataupun memakai alat pelubang mulsa khusus. Berikut adalah cara-cara melubangi Plastik Mulsa menggunakan kaleng bekas dan alat pelubang mulsa khusus.

Melubangi Plastik Mulsa Dengan Menggunakan Kaleng

Pertama-tama, carilah beberapa kaleng bekas susu terlebih dahulu. Lalu rapikanlah tepi bagian atas kaleng-kaleng tersebut agar nantinya menghasilkan potongan yang seragam/sama. Sesudah itu, kaleng-kaleng tersebut dibakar sampai menjadi panas. Ambillah kaleng-kaleng panas tersebut dengan menggunakan penjepit makanan. Atau jika Anda mau, Anda dapat memasang pegangan untuk masing-masing kaleng tersebut. Lalu kaleng-kaleng panas tersebut ditempelkan ke Plastik Mulsa selama beberapa detik, sampai plastik meleleh dan berlubang dengan sendirinya.

Melubangi Plastik Mulsa Dengan Menggunakan Alat Pelubang Mulsa Khusus

Alat Pelubang Mulsa Khusus digunakan untuk mendapatkan hasil yang rapi dengan waktu yang sangat singkat. Bagian ujung alat pelubang ini berbentuk gerigi, dan pelubangnya bermata pisau sangat tajam sehingga dapat melubangi Plastik Mulsa dengan hasil yang sangat rapih dan cepat. Jadi, alat tersebut harus ditancapkan dan ditekan ke arah Plastik Mulsa, dan kemudian diputar, sehingga mata pisau akan mengoyak Plastik Mulsa tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Plastik Mulsa Urban Plastic, Anda bisa kunjungi https://jualplastiksampah.com/plastik-mulsa/ atau hubungi nomor Whatsapp kami: 0822 9933 3938.